PELUANG MENJADI DROPSHIPER


TataBlog - Rinai hujan menemani siang kelabu, saat itu saya sedang menina bobokkan anak semata wayangku. Sudah tiga bulan setelah saya mogong ngeblok. Alasan utamanya karna akun adsenku dibaned oleh google. Namun disisi lain saya harus menghentikan aktivitas ngeblokku karna harus menjalani proses persalinan beserta penyembuhannya. Saya benar-benar terpukul atas kenyataan bahwa akunku di bened. Walau kesalahannya dikarnakan oleh diriku sendiri. Sungguh saya menyesal. Buat kalian yang masih memiliki akun adsen yang aktif, jangan pernah mengeklik iklan sendiri walau dari IP yang berbeda namun, cepat atau lambat tetap akan ketahuan oleh google. Kali ini saya membuat blog untuk yang keempat kalinya. Namun, blog yang saya buat kali ini bukan ditargetkan untuk adsense, melainkan untuk menguji kemampuan menulisku yang sejauh ini belum pernah benar-benar diuji. 
 
Saya seorang guru honorer lulusan S1 Bahasa Indonesia, sejauh ini saya sudah pernah mengajar ditingkat SMP dan SMK. Pernah juga menjadi guru pengganti di MI (setingkat dengan SD) namun  tak sampai satu minggu, karna memang waktu itu saya belum selesai kuliah dan guru yg izin keburu masuk lagi.. hehe. Pengalaman saya dalam mengajar sangatlah biasa dan memang hidup dan pengalaman saya sangat biasa bahkan jauh dari yang namanya tantangan. Walau begitu, tetap saja pengalaman hidup terasa menarik untuk diselipkan dalam tulisan.
Ada beberapa hobi  saya yang sepertinya jika ditekuni akan menghasilkan sesuatu. Walau saya tak yakin sesuatu itu apa. Hobi Pertama, akhir-akhir ini saya suka melihat produk-produk jualan online di aplikasi belanja seperti shoope, bukalapak, lazada, dll. Bahkan aku punya limit kredit yang lumayan banyak disalah satu aplikasi belanja online itu (terlihat seperti sebuah prestasi yah?). Hobi ini sangat bertentangan dengan gaya saya dua tahun yang lalu (sebelum menikah) kenapa yah kok bisa berubah 180 derajat gitu? Nanti saya jelaskan awal mula jatuh hati pada hobi yang pertama ini. Sekarang lanjut dulu.


Hobi kedua, membaca buku-buku motivasi dan mengoleksi kumpulan kata-kata kutipan yang membikin semangat. Nah, rencananya nanti aku bakaan membagi kumpulan kata-kata kutipan dari buku tertentu di blog ini. di tunggu yaah... Hobi ketiga, saya suka menonton vidio-vidio yang sedang trending di youtube. Jika sudah bosen dengan vidio trending saya akan mencari vidio-vidio keseharian girlband korea seperti blackpink namun saya bukan Blink ataupun jenlisa yaah. Hanya sekedar suka lihat yang bening-bening dan rapi. Hobi keempat, saya suka berbicara dengan asisten google. Walau ini tidak berfaedah banget tapi, saya sangat terhibur oleh asisten yang satu itu.

Berawal ketika saya hendak menyambung paketan yang mulai kritis. 15 GB  saya habiskan untuk hal yang tidak terlihat manfaatnya.  Saya berfikir untuk bisa sedikit menghemat tanpa harus meninggalkan hobiku yang 90% tersambung dengan internet. Kini Handpone pintar saya dipenuhi aplikasi penghasil  uang dan pulsa gratis. Namun itu, tak berjalan lama karna ternyata banyak aplikasi yang tak mau dirugikan dengan membuat persyaratan pencairan yang sangat berat. Meski begitu ada beberapa aplikasi yang saya sukai dan saya pelihara sampai saat ini karna teruji ke solidannya. 

Kembali kehobi baru saya. Dari sekian banyak aplikasi belanja online, ada satu aplikasi yang terasa cocok dihati namanya aplikasi Shoopee (sebelumnya saya ingin menegaskan bahwa saya bercerita seperti ini bukan karna dibayar oleh pihak manapun, tapi ini murni pengalan dan opini saya). Menurus saya aplikasi shopee adalah aplikasi belanja online yang saya mudah dipahami dan terpercaya. Shopee juga sering kali menawarkan program gratis ongkir dengan syarat minimal belanja, yang selalu berhasil membuat tangan saya gatel ingin belanja.
Walaupun syarat minimal belanja sering kali disebut kekurangan dari aplikasi ini, bagi saya tidak demikian. Justru inilah awal dimana saya bisa melakukan sesuatu yang sebelumnya saya sendiri tidak yakin bisa melakukannya. Ketika saya memiliki incaran satu barang yang berharga 21.500 saya harus membayar total dengan ongkirnya sebesar 51.500 (saya gak mau rugi dong, masak harga produk 21500 yang rumah jadi 51500). Saya memutar otak hingga terdengar bunyi cekit-cekit dari dalam kepala saya, jika saya menginginkan gratis ongkir, saya harus belanja minimal 90.000 Itu artinya belanjaan saya masih kuran 68.500(mau belanja apaan coba?). Mulai dari sini apakah kalian melihat peluang yang saya lihat?

Dalam dunia bisnis hal ini disebut dropship. Yaitu seseorang memasarkan produk orang lain dengan harga baru tanpa harus meminta “izin” kepada pemilik dagangan (lebih sopannya izin dulu ya gaes, siapa tau dikasi diskon). Saya mengambil beberapa foto produk ditoko yang menjual produk incaran saya dan memasarkannya di media sosial lainnya, dalam hal ini saya menggunakan whatsapp untuk promosi. Tak lupa juga saya menyampaikan diskripsi produk dan harga yang telah saya ubah sesuai kebutuhan tidak lama setelah waktu promosi, pesanan datang silih berganti hingga total belanjaanku kini melewati batas minimum belanja.
Singkat cerita, saya layangkan pesanan dengan menggunakan voucher gratis ongkir dari shopee. Tidak hanya mendapat gratis ongkir belanjaanku yang 21500 tergantikan oleh laba pesanan lainnya (saya tersenyum lebar). Setelah berhasil dipesanan pertama saya kembali mencari produk-produk yang bagus dari toko-toko terpercaya yang ada diaplikasi shopee(dengan catatan mencari gratis ongkir). Kemudian saya pasarkan produknya di media sosial lain dan mengumpulkan pesanan hingga sampai pada batas belanja minimal untuk mendapat gratis ongkir potongan 20.000 dari shopee. Dari hobi melihat-lihat barang di toko online menjadi awal bisnis sebagai dropship. 

Hal ini saya share ke sanak saudara. Tak heran merekapun tertarik dan minta diajari menjadi dropship dari toko online. Sedikit tips sederhana yang bisa saya bagikan sebagai berikut:
  1.  Carilah toko yang telat diikuti minimal puluhan akun, jika ingin lebih hati-hati cari yang followernya ribuan.
  2.  Lihat penilaian toko, jika nilai maksimal adalah  5 carilah toko yang nilainya 4.0 lah lihat juga berapa akun yang ngasih penilaian. Karna jika hanya 1 akun yang memberi nilai maka rekapan nilainya ya Cuma dari akun itu 
  3. Baca review dari pembeli sebelum kita. Hal ini penting karna guru yang paling baik adalah pengalaman, baik pengalaman sendiri atau pengalaman orang lain. 
  4. Carilah harga yang dibawah harga pasar. Ini untuk memudahkan kita mengubah harga, kalau dari sananya udah mahal kita gak bisa naikkan harganya lagi.
  5.  Cari toko yang lokasinya dekat dengan lokasi kita. Kalau ini kaitannya dengan ongkir yang akan kita banyar nantinya. 
  6.  Jangan ragu. Karna sistem aplikasi belanja online rata-rata menerapkan sistem “ada barang ada uang” maksudnya uang yg kita transfer akan di pegang oleh aplikasi. Setelah kita konfirmasi bahwa barang telah sampai, maka uang kita akan diteruskan kepada penjual.
Itu sekedar tips untuk dropship daerah yang tak butuh ekspedisi lagi untuk mengantar barang. Jadi, hal ini lebih dicari oleh kebanyak konsumen karna mereka menghindari ongkir. Lantas, bagaimana untuk dropship yang mendapat pesanan diluar daerah? Singkatnya tinggal menambah ongkir dari harga yang telah kita tentuknan. Dan juga di aplikasi belanja online ada panel khusus dropship dengan meninggalkan data diri berupa nama dan nomer HP. Mudah kan?...

Inti dari postingan ini sebenarnya ingin mengingatkan kepada teman-teman bahwa peluang itu ya dicoba dan dicari bukan ditunggu. Memang tak ada jaminan perihal hasil akhir seperti apa. Untuk itu evaluasi terus dan jadikan ilmu setiap pengalaman yang telah dilalui.
Anda suka? Like dan share postingan ini yaaaaah.
Sampaikan salam saya untuk orang-orang yang dekat di hati anda!  

Berlangganan update artikel terbaru via email:

3 Responses to "PELUANG MENJADI DROPSHIPER "

  1. Tetap semangat ngeblog sist. Jgn putus asa

    BalasHapus
  2. "peluang itu ya dicoba dan dicari bukan ditunggu" ane setuju sis. Tetap semangat ngeblognya.

    BalasHapus
  3. Makasih mbak dah bebagi pengalamanan nya dari adsense di banned sampai beli shopee tanpa ongkir

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel